Bab 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dijaman sekarang teknologi sudah berkembang pesat, sehingga menyebabkan sesuatu yang telah usang akan semakin dilupakan seiring berkembangnya zaman dikarenakan ada suatu hal yang lebih menarik dibandingkan dengan hal sebelumnya. sebagai contoh bila kita lihat pada zaman dahulu saat barang elektronik yaitu handphone keluar, permainan pada handphone pada saat zaman dahulu yaitu snake, tetris, bounce dll. Bila kita lihat sekarang karena kemajuan teknologi sudah pesat, game zaman dahulu itu seakan telah menghilang seakan ditelan bumi. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Dengan menggunakan Arduino kita dapat membuat kembali game yang telah lama hilang tersebut menggunakan sebuah konsol. Untuk mencapai tujuan itu khususnya membuat game Retro Snake Nokia berbasis Arduino dirancang dan dikembangkan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang berkenaan dengan buku Retro Snake Nokia berbasis Arduino. Untuk itu penulis merumuskan masalah, sebagai berikut :
1. Apa itu Game Console ?
2. Apa yang dimaksud dengan Arduino ?
3. Apa saja tipe-tipe pada Arduino ?
4. Apa itu IDE Arduino ?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apa itu Game Console.
2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud Arduino.
3. Untuk mengetahui tipe-tipe Arduino.
4. Untuk mengetahui IDE Arduino.
5. Untuk mengetahui penggunaan Arduino sebagai controller Game Console.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dijaman sekarang teknologi sudah berkembang pesat, sehingga menyebabkan sesuatu yang telah usang akan semakin dilupakan seiring berkembangnya zaman dikarenakan ada suatu hal yang lebih menarik dibandingkan dengan hal sebelumnya. sebagai contoh bila kita lihat pada zaman dahulu saat barang elektronik yaitu handphone keluar, permainan pada handphone pada saat zaman dahulu yaitu snake, tetris, bounce dll. Bila kita lihat sekarang karena kemajuan teknologi sudah pesat, game zaman dahulu itu seakan telah menghilang seakan ditelan bumi. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Dengan menggunakan Arduino kita dapat membuat kembali game yang telah lama hilang tersebut menggunakan sebuah konsol. Untuk mencapai tujuan itu khususnya membuat game Retro Snake Nokia berbasis Arduino dirancang dan dikembangkan.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang berkenaan dengan buku Retro Snake Nokia berbasis Arduino. Untuk itu penulis merumuskan masalah, sebagai berikut :
1. Apa itu Game Console ?
2. Apa yang dimaksud dengan Arduino ?
3. Apa saja tipe-tipe pada Arduino ?
4. Apa itu IDE Arduino ?
1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apa itu Game Console.
2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud Arduino.
3. Untuk mengetahui tipe-tipe Arduino.
4. Untuk mengetahui IDE Arduino.
5. Untuk mengetahui penggunaan Arduino sebagai controller Game Console.