Skip to main content

Profil Perusahaan : SAP



Halo teman-teman, kali ini saya akan membahas sebuah perusahaan software terbesar di Eropa, yaitu SAP.

SAP adalah sebuah perusahaan bidang TI yang bergerak di bidang software, khususnya penjualan software ERP (Enterprise Resource Planning) untuk pengotomatisasian proses bisnis. Karena harga software nya yang terbilang cukup mahal, maka tidak semua perusahaan menggunakan SAP. Pengoperasiannya pun bisa dibilang sulit. Maka dari itu, umumnya perusahaan yang menggunakan SAP merekrut seorang karyawan yang mempunyai sertifikasi untuk mengoperasikan software ini.



Walaupun begitu, software ini sangatlah berguna untuk pengotomatisasian proses bisnis, misalnya pembuatan DO, SO, pengupdate-an jumlah barang, dll. Kekuatan sebenarnya dari software SAP akan maksimal ketika sistem ini digunakan untuk mengelola perusahaan multinasional (misalnya, Coca-Cola atau Apple). SAP digunakan di hampir setiap perusahaan global karena menawarkan kemampuan skalabilitas yang menjangkau sangat luas dan dapat menangani operasi bisnis di tempat yang berbeda.


Awalnya perusahaan ini diciptakan oleh 5 mantan karyawan IBM, yaitu Dietmar Hopp, Hans-Werner Hector, Hasso Plattner, Klaus Tschira, dan Claus Wellenreuther. Dari namanya saja, kita pasti bisa langsung tahu dong, bahwa 5 orang ini adalah orang Jerman. Benar saja, perusahaan ini pertama berdiri pada tahun 1972 di Mannheim, Jerman.


Perusahaan pertama yang memakai jasa SAP adalah perusahaan Max Planck Strasse, sebuah pabrik di area industri di Walldorf, dekat Heidelberg. Karena terlihat menjanjikan, maka SAP terus digunakan oleh pabrik pabrik lain di area industri tersebut. Puncaknya, tahun 1988, nama SAP langsung melonjak tinggi dengan pencapaian sekitar $52 Juta dan memiliki 1,2 Juta saham yang terdaftar di Frankfurt dan Stuttgart di bursa saham. Sejak saat itu, sebuah perusahaan kecil yang dibuat 5 orang diatas tadi bertransformasi menjadi sebuah perusahaan yang sangat besar, bahkan di tahun 2005, SAP sendiri memperkerjakan 35.873 karyawan di seluruh dunia, WOW ! Kebayang gak sih berapa jumlah karyawannya di tahun 2017 ini, yang notabene kita ketahui bersama bahwa saat ini SAP semakin mudah untuk melebarkan sayapnya ke penjuru dunia karena bantuan Internet.

Saat ini, SAP dipimpin oleh Bill McDermott sebagai CEO, dan di Indonesia sendiri SAP berkantor di : 
PT. SAP Indonesia 
WTC II, 9th Floor 
Metropolitan Complex 
JI. Jend. Sudirman Kav. 29-31 
Jakarta 12920, Indonesia 
Phone: +62 21 3003 2800 
Fax: +62 21 3003 2808 
Email: info.indonesia@sap.com


Sumber : 

Popular posts from this blog

Komputasi Paralel

    Parallelism Concept Komputasi paralel merupakan salah satu teknik komputasi, dimana proses komputasinya dilakukan oleh beberapa resources ( komputer ) yang independen, secara bersamaan. Komputasi paralel biasanya diperlukan pada saat terjadinya pengolahan data dalam jumlah besar ( di industri keuangan, bioinformatika, dll ) atau dalam memenuhi proses komputasi yang sangat banyak. Selanjutnya, komputasi paralel ini juga dapat ditemui dalam kasus kalkulasi numerik dalam penyelesaian persamaan matematis di bidang fisika ( fisika komputasi ), kimia ( kimia komputasi ), dll. Dalam menyelesaikan suatu masalah, komputasi paralel memerlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrogr

Monster Inc

Kali ini saya akan membahas salah satu film animasi favorit saya, yaitu Monster Inc. Buat kalian yang belom tau, Monster Inc adalah film garapan studio Pixar pada tahun 2001. Film ini bercerita tentang sebuah dunia yang berisi para monster. Di dunia tersebut ada sebuah perusahaan yang bernama Monster Inc. Perusahaan tersebut menyuplai listrik ke seluruh dunia, dengan cara mengumpulkan energi dari teriakan ketakutan anak - anak manusia di dunia kita. Nah tugas dari semua tokoh di film ini adalah menakut - nakuti anak anak setiap malamnya. Keseruan di film ini bermulai ketika si pemegang rekor menakuti paling banyak, si monster biru, James P. Sullivan dan partnernya si mata satu, Mike Wazowski masuk ke salah satu kamar anak kecil yang bernama Boo, tetapi yang ada malah si anak kecil tersebut tidak takut sama sekali dan malah ikut masuk ke dunia monster. Tokoh dalam film ini antara lain, James Sullivan (Sulley), Mike Wazowski, Boo, dan Randall Boggs, monster kadal yang bersifat antago