Rencana Bisnis Percetakan (Cetaku)
Ringkasan Eksekutif
Cetaku (Cetak Aku) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang percetakan yang khusus menyediakan kebutuhan perkantoran seperti ID Card dan Kartu Nama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kedua benda tersebut cukup erat kaitannya dengan dunia perkantoran. Hampir semua perusahaan mewajibkan menggunakan ID Card yang salah satu fungsinya untuk menandakan bahwa benar orang tersebut karyawan dari perusahaan tersebut dan Kartu Nama biasa dimiliki oleh pebisnis untuk saling bertukar informasi dengan pebisnis yang lainnya untuk menjadi rekan bisnisnya. Dengan melihat peluang bisnis tersebut kami yakin bisnis ini cukup menjanjikan, terlebih perusahaan ini tidak hanya bergantung pada toko secara fisik tetapi calon customer dapat memesannya secara online melalui website yang telah kami buat sehingga dapat lebih praktis karena calon customer tidak harus datang langsung ke tempat percetakan.
Visi & Misi
Cetaku berkeinginan untuk menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama kami sehingga kami berusaha memberikan layanan sebaik mungkin, menggunakan orang – orang yang handal dibidang percetakan dan menggunakan bahan – bahan dengan kualitas unggulan dalam setiap produk yang ditawarkan.
Tujuan
Cetaku memiliki tujuan untuk menjadi pilihan utama bagi calon customer yang ingin menggunakan produk – produk cetaku dalam menunjang usahanya.
Struktur Organisasi
Production : Irfan Fadhil
Rizky Eka Pratama
Accounting : Muhammad Mugni H.
Syafinah Zaenah D.
Purchasing : Feris Fernandito
Marketing : Muhammad Sayudha
Rafi Farhanda U.
Rencana Pemasaran
Cetaku menggunakan dua media bagi calon customer yang akan menggunakan produk – produk cetaku yaitu secara offline dan online. Cetaku memiliki toko secara fisik sehingga calon customer yang ingin datang langsung dapat mengunjungi toko tersebut tetapi bagi calon customer yang tidak memiliki waktu atau mempunyai kendala dengan jarak dapat mengunjungi website resmi cetaku sehingga dapat lebih praktis dalam memesan produk yang dibutuhkan.
Lokasi Perusahaan
Lokasi percetakan kami terdapat dijalan Asia Afrika Jakarta Pusat. Kami memilih lokasi tersebut dikarenakan lokasi tersebut cukup strategis bagi usaha yang kami dirikan.
Analisis Pesaing dan Isu-Isu yang Berkembang
Pada saat ini bisnis pada bidang percetakan sudah cukup banyak dengan keunggulan masing – masing dari setiap percetakan sehingga jika kita tidak memiliki keunggulan terlebih lambat dalam berinovasi maka kita akan tertinggal dari mereka. Selain itu terdapat pesaing baru yang tidak memperhatikan harga umum yang telah ditentukan sebelumnya sehingga pesaing baru tersebut sengaja membanting harga demi menarik calon customer, dengan begitu dapat mempengaruhi harga pasar dari setiap produk yang akan dijual.
Tujuan Pemasaran
§ Meningkatkan kesadaran akan produk yang ditawarkan oleh Cetaku ke khalayak banyak terlebih kepada perusahaan-perusahaan besar maupun kecil.
§ Meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan oleh Cetaku agar dapat mewujudkan misi Cetaku untuk menjadi pilihan utama dalam bidang percetakan.
Strategi Pemasaran
v Product
Cetaku menyediakan produk berupa ID Card dan Kartu Nama untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan baik masih dalam skala kecil ataupun sudah dalam skala besar. Produk Cetaku dibuat menggunakan bahan baku unggulan sehingga menghasilkan produk-produk dengan kualitas yang sangat baik.
v Price
Ukuran ID CARD 8,5 x 5.5 cm
Digital Offset Full color 2 sisi
Bahan PVC 0.76 berkualitas
Kualitas Foto Baik (Warna Tajam & Cerah)
Laminating Glossy 2 sisi
Minimal pemesanan 10 pcs
Kuantitas
|
Harga
|
10 – 50 pcs
|
Rp 7.500 / pcs
|
51 – 100 pcs
|
Rp 7.000 / pcs
|
101 – 150 pcs
|
Rp 6.500 / pcs
|
151 – 200 pcs
|
Rp 6.000 / pcs
|
201 – 300 pcs
|
Rp 5.500 / pcs
|
301 – 500 pcs
|
Rp 5.000 / pcs
|
501 – 1000 pcs
|
Rp 4.500 / pcs
|
1001 – 2000 pcs
|
Rp 4.000 / pcs
|
2001 – 3000 pcs
|
Rp 3.500 / pcs
|
3001 – 4000 pcs
|
Rp 3.000 / pcs
|
4001 – 5000 pcs
|
Rp 2.000 / pcs
|
Kartu Nama
Kuantitas
|
Standart (1 Sisi)
|
Standart (2 Sisi)
|
Premium (1 Sisi)
|
Premium (2 Sisi)
|
1 box
|
Rp 20.000 / box
|
Rp 40.000 / box
|
Rp 50.000 / box
|
Rp 70.000 / box
|
2 box
|
Rp 18.000 / box
|
Rp 38.000 / box
|
Rp 48.000 / box
|
Rp 68.000 / box
|
3 – 20 box
|
Rp 17.000 / box
|
Rp 37.000 / box
|
Rp 47.500 / box
|
Rp 67.500 / box
|
21 – 50 box
|
Rp 16.500 / box
|
Rp 36.500 / box
|
Rp 47.000 / box
|
Rp 67.000 / box
|
51 – 100 box
|
Rp 16.000 / box
|
Rp 36.000 / box
|
Rp 46.500 / box
|
Rp 66.500 / box
|
v Promotion
Cetaku menggunakan media berbasis teknologi informasi dalam mempromosikan produk kami. Media teknologi informasi dipilih karena kecepatan serta kemudan pada calon customer dalam mengakses media tersebut. Teknologi yang digunakan Cetaku untuk mempromosikan produk kami yaitu website dan media social karena pada saat ini hampir setiap orang menggunakan media social sehingga media tersebut berpotensi besar dalam proses promosi perusahaan kami. Dengan media tersebut pun dapat digunakan untuk mempromosikan produk Cetaku tidak hanya didalam negeri tetepi dapat juga mempromosikan produk Cetaku ke luar negeri sehingga dapat lebih menguntungkan Cetaku.
v Place
Cetaku dapat diakses diakses melalui website resmi www.cetaku.com atau dapat langsung mengunjungi tempat percetakan kami di Jl Asia Afrika Jakarta Pusat
Kegiatan Pemasaran
Kegiatan pemasaran sangat penting guna dapat menambah para calon customer sehingga mendapatkan kepercayaan terhadap perusahaan Cetaku dalam bidang percetakan.
Bentuk kegiatan pemasaran Cetaku di lakukan oleh tim marketing yang melakukan pemasarannya melalui media social dan website Cetaku tetapi tak hanya itu, tim marketing pun melakukan pemasarannya melalui event-event yang ada dengan membuka stand di setiap event yang dirasa cukup dapat menambah informasi terhadap perusahaan kami ke khalayak banyak sehingga dapat menambah calon customer Cetaku. Kegiatan tersebut yaitu melakukan suatu pameran terhadap produk-produk yang kami sediakan ataupun memberikan tips dan trik membuat produk khususnya ID Card dan Kartu Nama yang berkualitas.
Kriteria Pengukuran
Dasar yang dijadikan kriteria pengukuran mengenai strategi pemasaran yang telah dilakukan berjalan sesuai yang telah direncanakan yaitu berdasarkan banyaknya pengunjung dari website resmi kami dan juga berdasarkan antusias pengunjung ketika membuka stand pada suatu event yang telah dilakukan. Dengan pengukuran seperti itu dapat mengetahui banyak tidaknya calon customer tertarik pada produk kami dapat diperkirakan.
Teman Sekelompok :
Feris Fernandito
Feris Fernandito
M. Mugni Hadi
M. Sayudha
M. Sayudha
Rafi Farhanda U.
Rizky Eka P.
Rizky Eka P.
Syafinah Zaenah D.